Berbagi INFO

membagi informasi dari berbagai sudut pandang

Pemeliharaan Tanaman Gaharu

Pohon gaharu cocok ditanam di antara daerah dataran rendah hingga ke perbukitan pada ketinggian 0 – 750 meter dari permukaan air laut dengan curah hujan kurang dari 2000 cm. Suhu yang sesuai adalah antara 27°C hingga 32°C dengan kadar cahaya matahari sebanyak 70%. Jenis tanah yang sesuai adalah jenis lembut dan liat berpasir dengan pH tanah antara 4.0 hingga 6.0.

Biji benih yang berkualitas amat penting untuk pembibitan , biasanya pembenihan di lakukan oleh nurseri untuk menjamin bibit benih tanaman dalam volume yang besar dan berkelanjutan . Buah karas dari jenis Aquilaria Malaccencis adalah berbentuk kapsul, 3.5 cm hingga 5 cm panjang, ovoid dan berwarna coklat. Kulitnya agak keras. Mengandung 3 hingga 4 biji benih bagi setiap buah.

Penanaman bisa dilakukan di tanah-tanah perkebunan ataupun di tanah yang sempit seperti halaman rumah atau masjid. Bisajuga ditanam di kebun kelapa sawit, ladang kopi dan kebun di bawah pokok-pokok yang lain yang berumur antara 5 – 8 tahun. Teknik tanaman secara sistem tumpangsari atau intergrasi dengan 2 atau lebih tanaman juga boleh dilakukan.

Teknik menanam adalah dengan menggali lubang dalam jarak ukuran 2mx2m, 3mx3m, atau 3mx5m. Tergantung kepada teknik tanaman secara selang, intergrasi atau sebagainya. Anak pokok dikeluarkan dari politena bag dan dimasukkan ke dalam lubang yang digali dengan besar diameter dan kedalaman 0.5 meter. Tanah dipermukaan dipadatkan dengan tangan untuk memastikan akar bersentuhan rapat dengan tanah dan hindarkan pengaliran air di permukaan (surface water). Kadar pemupukan tidak boleh melebihi 100 gm bagi tiap-tiap lubang yaitu dengan kadar pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 40 – 50 gm dan TSP sebanyak 40 – 50 gm semasa proses penanaman.

Pohon gaharu yang ditanam perlu dibersihkan dari gangguan pokok lain sekitar 50 cm untuk menghindarkan persaingan hidup. Pekerjaan ini dilakukan dalam 2 – 3 kali setahun sehingga pohon berusia 5 tahun. Pengemburan 2 kali setahun adalah amat baik untuk memberi oksigen ke dalam tanah untuk melancarkan penyerapan makanan oleh pohon.

Pemeliharaan
Pemupukan dapat dilakukan sekali 3 bulan, namun dapat juga setiap 6 bulan dengan kompos. Penggunaan pupuk kimia seperti NPK dan majemuk dapat juga ditambahkan setiap 3 bulan dengan dosis rendah (5 gr/tanaman) setelah tanaman berumur 1 tahun, kemudian dosisnya bertambah sesuai dengan besarnya batang tanaman. Hama tanaman gaharu yang perlu diperhatikan adalah kutu putih yang hidup di permukaan daun bawah, bila kondisi lingkungan lembab. Pencegahan dilakukan dengan pemangkasan pohon pelindung agar gaharu terkena cahaya matahari diikuti penyemprotan pestisida seperti Tiodane, Decis, Reagent., dll Pembersihan rumput dapat dilakukan sekali 3 bulan atau pada saat dipandang perlu.
Pemangkasan pohon dilakukan pada umur 3 sampai 5 tahun, dengan memotong cabang bagian bawah dan menyisakan 4 sampai 10 cabang atas. Pucuk tanaman dipangkas dan dipelihara cukup sekitar 5 m, sehingga memudahkan pekerjaan inokulasi gaharu.

About these ads

Februari 9, 2010 - Posted by | Pertanian | ,

17 Komentar »

  1. ini pertama sekali saya mendengar tanaman gaharu, yg saya tanyakan bagaimana cara produksi tanaman dan pemasaranya, dimana saya bisa dapat bibit tanaman tersebut. terima kasih

    Komentar oleh PIRMA | Februari 16, 2010 | Balas

    • @ pirma,,,: sorry bru blas karna sy bru aktif.
      mengenai produksinya,, sy akan postingkan caranya. dan ut pemasarannya,, jgan ragu karna bnyak pembeli dari luar yg siap ut membelinya.
      dan klw mengenai pembibitannya,, sy sdh blas ke email anda..

      Komentar oleh intje kamil | Maret 5, 2010 | Balas

    • pak,,, kalau sistem bagi hasil bsa ngak.

      Komentar oleh aliman | Mei 7, 2012 | Balas

  2. bisa kasih tahu cara pembibitan pohon penghasil gaharu?

    Komentar oleh yuda | September 27, 2010 | Balas

  3. mas sya mau tnya cra penamaman gaharu yg benar krn sya mau belajar menamam gaharu

    Komentar oleh budi | Oktober 14, 2010 | Balas

  4. bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan
    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200 / bibit

    Komentar oleh pengembara | April 14, 2011 | Balas

  5. AGARWOOD

    Nenggala Gaharu nusntara international adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan Agarwood (Gaharu). Perusahaan ini berpusat di Banjarbaru . Saat ini ini kami dalam tahap pengembangan wilayah perkebunan Agarwood Indonesia dan memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk berinvestasi di sini.

    Apa itu agarwood (gaharu)?

    Perkebunan Agarwood / Gaharu Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, memiliki kandungan damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae).

    Harga 1 Batang Pohon Agarwood bisa mencapai beberapa ribu dollar USD per kilogram, makanya Pohon Ini disebut sebagai “POHON YANG SANGAT MAHAL DI DUNIA – ”MOST EXPENSIVE TREES IN THE WORLD”

    Setelah Penyulingan Harga Minyak Gaharu Bisa Mencapai Sekitar USD 5,000 ~ USD 10,000/kg dan Setelah Dibuat Menjadi Cairan Extract Harganya Mampu Mencapai Lebih Dari USD 30,000 atau Rp. 300.000.000,- / Liter.

    Manfaat Agarwood

    1.Aktivitas Kebudayaan – Islam, Budha, Hindu
    2.Perayaan Keagamaan – Kebanyakan di Negara Islam dan Arab
    3.Wangi Parfum – Wanginya Tahan Lama Banyak Diminati di Negara Eropa Seperti Daerah Yves Saint Laurent, Zeenat dan Amourage
    4.Aroma Terapi – Menyegarkan Tubuh, Perayaan dan Undangan
    5.Kecantikan – Sabun, Shampo Yang Harum Semerbak
    6.Obat & Kesehatan – Biasa Digunakan di Pengobatan Tradisional Khususnya Dinegara China dan Jepang
    7.Koleksi Pribadi – Untuk Ruangan Besar Khusus Eksklusif

    Beberapa contoh barang jadi hasil dari kayu gaharu (agarwood)

    Kebutuhan Agarwood Dunia

    Kebutuhan dunia akan agarwood atau gaharu terus meningkat. Menurut statistik, Indonesia yang pada tahun 1995 menjadi pengexport gaharu yang cukup besar, kini nilai exportnya semakin menurun.

    Mengingat permintaan dunia akan agarwood yang terus meningkat, maka proyek Pengembangan Agarwood sangat menguntungkan ”Investment for Highest Profit”

    Komentar oleh pengembara | April 14, 2011 | Balas

  6. 4.bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan
    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200 / bibit

    Komentar oleh pengembara | April 14, 2011 | Balas

  7. SABUN GAHARU

    Pokok gaharu merupakan sejenis pokok kayu yang menghasilkan teras atau damar yang mempunyai nilai komersial yang tinggi, yang bisa mencapai harga Rp 50 .000.000 sekilogram bergantung kepada kualitinya.
    Sejak berabad lamanya, gaharu telah digunakan sebagai bahan wewangian, kosmetik dan pengobatan dalam amalan masyarakat India, Sufi, Cina, Tibet, Arab dan Unani.
    Di negara-negara Arab, kayu ini dibakar untuk menghasilkan aroma yang harum dan menyegarkan. Ia juga boleh dibuat minyak wangi (al-Qudh). Di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, gaharu dibakar karena wangiannya adalah satu sunnah dan amat disukai oleh para malaikat.
    Imam Bukhari meriwayatkan bahawa Nabi Muhammad bersabda:
    “Ubatilah dengan menggunakan al-Qudh ( Gaharu ) karena di dalamnya terdapat tujuh kebaikan”
    Antara khasiat dan kegunaan sabun ini adalah:
    khasiat sabun gahruh
    1. aroma semulajadinya dapat memberi kesegaran di luar dan dalam, serta memberi ketenangan mental yang berkepanjangan;
    2. dapat menghilangkan bau badan
    3. tisu kayu gaharu bertindak seperti ’scrub’ untuk menghilangkan kotoran badan dan sel kulit yang telah mati. Apabila bergesel dengan kulit, tisu gaharu memberi ‘urutan’ pada kulit dan ini dapat melancarkan peredaran darah, menjadikan kulit lebih anjal, lembut, bersih, cerah dan licin
    4. Bisa mengatasi masalah gatal, penyakit kulit serta masalah jerawat dll

    Komentar oleh pengembara | April 14, 2011 | Balas

  8. Tasbih kayu gaharu ( garu ) memiliki spesial khas harum aroma garu, aroma garu biasa disukai oleh makhluk makhluk ghaib. Memiliki nilai mistik dan keunikan tersendiri.. KAYU GAHARU ( GARU) MEMPUNYAI WARNA KAYU COKLAT MUDA , DAN ADA JUGA YANG BERWARNA COKLAT TUA. BAU KHAS KAYU GARU ( GAHARU ) MENANDAKAN KELAS KAYU YANG TINGGI DAN KUAT KARENA KEHARUMAN KHAS GAHARU ( GARU ) , BANYAK JUGA DIJADIKAN MINYAK KAYU GAHARU. KAYU GAHARU MEMPUNYAI TUAH SEBAGAI SYARAT PERMOHONAN DOA KARENA BAU YANG SANGAT KHAS, MEMBANTU PROSES MEDITASI , PELARISAN, PENGASIHAN, DISUKAI BANYAK TEMAN.

    Nama lain untuk sebutan kayu Gaharu ini mengikut sesuai kultural negeri dan budaya masing masng , misalnya :
    1. Ché n-xiang dalam bahasa Cina and Jin-koh dalam bahasa Jepun ” bermasksd kayu yang tenggelam ( ” sinking incense” )
    2. Pokok Gaharu yang telah diprosess menjadi minyak digelar Oud oleh bangsa Arab.
    3. Di Eropah pula dikenali dengan nama Lignum aquila ( eagle-wood) or Agilawood, kerana rupanya seperti bulu burung helang
    4. Nama lain yang tersebut dialam kitab-kitab agama kristian Aloeswood.
    5. Bagi negara Malaysia dan Indonesia dikenali dengan nama ” gaharu” .
    6. Di Papua New Guinea digelar ” ghara” .
    7. Di Vietnam pula dipanggil “ tram huong” .
    8. Di India pula dikenali sebagai ” agar” .
    9. Di Laos dipanggil dengan nama ” Mai Ketsana” .

    Komentar oleh pengembara | April 14, 2011 | Balas

  9. Teh BLACK OUDS

    TEH BLACK OUDS (GAHARU ) teh yang terbuat dari daun muda gaharu pilihan ternyata tidak hanya enak diminum, cocok dinikmati pada suasana dingin, seperti malam hari atau saat musim hujan tiba.Khasiat Black OUDS1. Obat untuk mengurangi rasa sakit kepala (pusing).2. Meningkatkan stamina bagi pria.3. Meningkatkan stamina dan kesehatan, tidak mudah masuk angin.4. Obat penyakit dalam (sakit perut, dll)
    Tidak semua jenis gaharu dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan teh gaharu, hanya jenis yang tergolong dalam famii Themelaeaceae,dengan jenis tertentu yang dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan teh gaharu.daun gaharu pilihan dapat diproses menjadi teh hijau gaharu (agarwoodgreen tea) dan teh hitam gaharu, masing-masing mempunyai cita rasa yang khas.

    Komentar oleh pengembara | April 14, 2011 | Balas

  10. bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan
    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200 / bibit

    Komentar oleh pengembara | April 14, 2011 | Balas

  11. Kami Menjual Bibit GAHARU Berkualitas
    Untuk wilayah Pekanbaru Kota, Kab. Rengat, Kab Bengkalis, Kab Siak, Kab Pelalawan sekitarnya
    HP. 0853 7624 4454

    Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor sekitarnya
    Hubungi Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120

    Untuk wilayah Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
    Hubungi Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833

    Komentar oleh agus | Januari 18, 2012 | Balas

  12. untuk daerah sumatera barat…khususnya daerah padang pariaman di mana saya bisa mendapatkan bibit gaharu ini..mohon informasinya terima kasih.

    Komentar oleh hermanto | Januari 26, 2012 | Balas

  13. saya mau menanam tetapi pupuk apa yang d gunakan untuk agar pohon gaharu cepat tinggi?

    Komentar oleh tomi | Februari 15, 2012 | Balas

    • assalamualaikum wwrb.salam kenal yapak…?saya punya saran utk pupuk yang digunakan penanaman awal cukup dengan pupuk kandang selanjutnya saran saya memakai pupuk organik feng shou.tksh.

      Komentar oleh safwan | Oktober 7, 2012 | Balas

  14. Untu menanam gaharu apa boleh scara mandiri…. apakah harus ikut jaringan. Sebab sy dengar2 klo tdk ikut jaringan susah pemasarannya….??

    Komentar oleh Agus Warsito Utomo | Juni 12, 2013 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: